Selasa, 14 Juni 2011

pengembangan seni n budaya


PENDEKATAN SENI DAN BUDAYA
DALAM PAI
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas
Mata kuliah : Pengembangan Budaya dan Seni dalam PAI
Dosen : Nur Saidah, M.Si


Disusun Oleh :
Astri Septianingrum (10411050)
Lisya Muhammad Nur (104110
Mur’atun Nur Arifah (104110
Istiqomah Fajri P. (104110


PENDIDIKAN  AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUANAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2011
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Dalam pendidikan pola pendekatan dengan seni dan budaya memiliki peran yang penting. Proses belajar mengajar yang sudah berjalan tidak akan menyenangkan dan sulit diterima oleh peserta didik tanpa adanya seni. Begitu pula dengan budaya, materi pendidikan yang diberikan tidak akan mudah diterima apabila tidak sesuai dengan budaya di lingkungan sistem pendidikan itu berdiri.
Pendidikan dengan pendekatan seni dan budaya dapat membentuk karakter anak, terutama pada pendidikan Agama Islam. Pendidikan moral tidak hanya dibebankan pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, tetapi juga pada Pendidikan Agama Islam apalagi dengan kemajemukan umat di Negara Indonesia ini. Moral terkandung dalam kebudayaan, dan kebudayaan tidak bisa lepas dari masyarakat. Selain itu pendidikan membutuhkan seni, terutama pendidikan Agama Islam karena Islam juga mengenal kesenian, asalkan tetap dalam batasan-batasan yang tidak menyimpang dari ajaran agama. Oleh karena itu pendidik membutuhkan pendekatan budaya dan seni dalam Pendidikan Agama Islam.
B.     Rumusan masalah
1.      Pendekatan apa saja yang bisa digunakan dalam PAI ?
2.      Apa yang dapat diambil dari pendekatan seni dan budaya dalam PAI ?
C.     Tujuan penulisan
1.      Mengetahui pendekatan yang pantas untuk pembelaharan PAI.
2.      Mamahami karakteristik setiap pendekatan budaya dan seni dalam PAI.
3.      Mengetahui manfaat pendekatan seni dan budaya dalam pembelajaran PAI.





BAB II
PEMBAHASAN

Pendidikan dengan pendekatan seni budaya
Pola pendekatan seni dan budaya yang dibangun melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk pengembangan sarana pendidikan karakter terus dikedepankan, menyusul efektivitasnya yang dinilai memberikan kontribusi positif. Sekolah-sekolah, pendidik dan penyelenggara pendidikan mulai menyertakan seni dalam proses belajar mengajar. Alasan mereka menyertakan pendidikan dengan seni, budaya, dan ketrampilan dalam proses pembelajaran karena setiap seni dan budaya itu memiliki keindahan, keunikan, keberagaman makna yang diyakini sebagai kebenaran, dan memberikan berbagai macam manfaat terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi,  berkreasi dan berapresiasi melalui pendekatan seni dan budaya. Proses pendidikan yang seperti itu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan dengan mudah dapat diterapkan di lapangan yang nantinya menjadi kebutuhan hidup mereka. Sehingga dengan pendekatan tersebut  tercipta “belajar dengan seni”, “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni.”

Khas suatu seni menjadi konteks suatu budaya
Kekhasan suatu seni yang dimiliki suatu budaya dapat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar